Melompat Bisa Menguatkan Tulang

Melompat adalah bagian dari olah fisik yang ternyata banyak manfaatnya. Antara lain sistem saraf dikuatkan, tulang dipadatkan. Demikian juga tubuh bagian bawah. Tidak dibutuhkan peralatan untuk melakukan latihan ini. Sangat sederhana dan mudah dilakukan.

Satu-satunya cara mendapatkan dan memelihara tungkai yang kuat adalah sering menggunakannya. Di samping rajin berjalan kaki atau rutin latihan lari, latihan melompat juga berguna menguatkan kaki.

Latihan lompat katak adalah latihan yang cukup membebani tubuh. Karena itu, latihan ini tidak dianjurkan untuk mereka yang memiliki berat badan berlebih. Namun, bila Anda tak ada masalah dengan lutut, latihan melompat itu punya banyak manfaat. Bahkan, untuk Anda yang sudah berumur namun tak ada masalah dengan lutut, jangan ragu untuk melompat sedikit saja.

Latihan melompat bagus untuk memperkuat sistem saraf, membantu memadatkan tulang, dan memperbaiki reaksi refleks kita. Reaksi refleks yang lebih baik akan membantu kita tidak mudah jatuh.

Latihan lompat katak memfokuskan diri untuk menguatkan tenaga dan kekuatan di tubuh bagian bawah, khususnya otot kuadrisep (otot paha depan). Selain itu, melompat juga meningkatkan detak jantung dengan cepat. Karena itu, melompat bisa disebut latihan mini radio.

Mulailah latihan perlahan dan tambah repitis ketika Anda sudah cukup terbiasa dengan latihan ini. Lakukan dua set yang terdiri atas lima hingga 10 repetisi untuk setiap gerakan.

Untuk pemula, latihan bisa dimulai dengan hanya mengangkat kaki dari tanah. Jika sudah terlatih, lompat lebih tinggi dan tambah repetisinya.

1. Mulailah dengan memberi jarak antara dua kaki cukup lebar. Telapak kaki sedikit mengarah ke luar dan lengan menggantung di depan tubuh.

2. Sambil menjaga posisi bagian belakang bahu dan dada, jongkoklah dengan tujuan mendekatkan pantat ke lantai dan tangan sedekat mungkin dengan lantai sementara dada tegak.

3. Dari posisi ke-2, pindahkan berat badan ke telapak kaki bagian depan dan lompatlah ke udara sementara tangan mencapai langit-langit. Pastikan untuk mendarat dengan kaki bagian depan dan lutut menekuk. Jaga agar otot perut tetap kuat. Kemudian tubuh kembali ke posisi jongkok dengan pantat lebih dekat ke lantai. Ulangi lagi gerakan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s