Al-Quran Terjemahan Bahasa Belanda

 

 

 

 

 

 

 

 

Museum Radya Pustaka mempunyai  koleksi unik. Yaitu, Al Quran yang diterjemahkan dalam bahasa Belanda.

Al Quran berbahasa Belanda ini dibuat tahun 1934 dengan tulisan De Heilige Qoer-an. Koleksi ini  ada satu di museum Radya Pustaka dengan kode koleksi 666. Kondisi dari buku ini layaknya buku kuno yang sudah tersimpan lama. Warna kertas berwarna kuning kecokelatan dan ada beberapa halaman yang sudah terlepas.

Ketua Komite Museum Radya Pustaka, Sandjata mengakui tak bisa menjelaskan secara gamblang mengapa dan kapan koleksi tersebut ada di museum tersebut.

Pasalnya, Al Quran tersebut secara tidak sengaja ditemukan oleh staf museum dan praktek kerja lapangan (PKL) dari Universitas Sebelas Maret (UNS) pada tahun 2009. Awalnya, kitab suci tersebut hanya tersimpan di gudang.

“Saya tak tahu kapan dan mengapa ada di museum. Apa karena pada tahun tersebut terkait dengan penjajahan Belanda, toh dulu bangunan museum ini juga bangunan Belanda, “ ucap dia kepada VIVAnews.com, 4 Agustus 2011.

Meski demikian, Sandjata hanya bisa menjelaskan bahwa Al Quran terjemahan tersebut dibuat tahun 1934. “Nah ini di bawah tertulis tahun 1934. Jadi kemungkinan itu tahun pembuatannya. Saya tidak bisa menjelaskan lebih lanjut karena saya tidak bisa Bahasa Belanda, “ tambah dia.

Ditilik lebih dalam, Al Quran terjemahan ini memiliki ketebalan kurang lebih 10 centimeter. Dilihat dari halaman per halaman terbagi dalam dua bagian. Satu sisi kiri dengan tulisan Arab dan samping kanannya menunjukkan terjemahan dalam bahasa Belanda. Al Quran ini lengkap berisi 30 juz.

sumber: vivanews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s