Belajar itu adalah…

Belajar adalah sebuah kegiatan yang pastinya semua orang telah mengalaminya. Belajar adalah sebuah kegiatan yang merupakan kegiatan yang sebuah langkah awal dalam menghadapi sebuah kehidupan, sebagai bekal untuk menghadapinya. Tanpa belajar orang pasti terseok-seok dan tidak sanggup menghadapinya.

Namun kenyataannya, anak-anak jaman sekarang malas belajar, mungkin termasuk saya. hehe😀.

Nah untuk itu saya akan menjelaskan arti lain dari belajar. Yaitu…

1.      Belajar adalah bagian dari rahmat

Bakat, kecerdasan, kesempatan sekecil apapun yang kita miliki yang memungkinkan kita belajar adalah karunia Tuhan. Dengan belajar kita punya banyak teman, semakin banyak ilmu dan wawasan, ada harapan cemerlang di masa depan, itu semua meurupakan cinta kasih Tuhan kepada kita yang tidak semua manusia memperolehnya untuk itu sebagai sebuah nikmtat patut kita syukuri. Sebuah keterlaluan yang amat sangat bila nikmat diterima dengan malas-malasan.

2.      Belajar adalah bagian dari amanah

Dimana pun kita belajar bidang apapun yang kita pelajari, itu merupakan amanat bagi kita. Belajar merupakan amanah dari Tuhan, amanah dari orang tua, dan amanah dari diri kita sendiri. Dalam melaksanakan amanah tersebut kita mesti belajar sepenuh hati dan menjauhi tindakan tercela dalam segala bentuknya.

3.      Belajar adalah bagian dari panggilan

Jika belajar kita sadari sebagai panggilan, kita akan selalu berucap pada diri kita sendiri, “im doing my best” dengan begitu kita tidak akan merasa puas jika hasil belajar kita kurang baik kualitasnya.

4.      Belajar adalah bagian dari aktualisasi

Belajar adalah sarana kita untuk mengaktualisasikan diri. Meski kadang membuat kita lelah, belajar tetap merupakan cara terbaik untuk mengembangkan potensi diri dan membuat kita merasa “ada”. Bagaimanapun kita sibuk belajar, hal itu jauh lebih baik menyenangkan daripada duduk bengong seperti sapi ompong.

5.      Belajar adalah bagian dari ibadah

Kesadaran bahwa belajar adalah ibadah pada gilirannya akan membuat kita bisa belajar secara ikhlas, bukan demi mencari nilai atau pujian. Belajar kita untuk mendapat keridhoan-Nya, sesuatu yang kita kerjakan untuk menggapai ridho – Nya tentu tak dapat kita lakukan dengan melanggar aturan-Nya.

6.      Belajar adalah bagian dari seni

Kesadaran bahwa belajar adalah seni akan membuat kita belajar dengan enjoy seperti halnya melakukan sebuah hobi. sebagai sebuah seni, tentu pernik-pernik kesulitan, kelelahan, kegagalan, kemudahan, kepuasan dan keberhasilan akan menjadi suatu rangkaian yang indah. Bahkan, ilmuwan seserius Einstein pun menyebut rumus-rumus fisika yang njelimet dengan sebutan “Beautiful”.

7.      Belajar adalah bagian dari kehormatan

Sekecil apapun materi yang kita pelajari, itu adalah sebuah kehormatan. Jika kita bisa menjaga kehormatan dengan baik, maka kehormatan lain yang lebih besar akan datang kepada kita. Apapun yang kita pelajari saat ini akan memberi manfaat bagi kita pada masa yang akan datang, akan meningkatkan derajat kita, tidak hanya dimata dunia, tetapi di mata Tuhan.

8.      Belajar adalah pelayanan

Belajar merupakan upaya pengabdian kita kepada sesama. Melalui proses belajar kita akan menemukan hal-hal yang bermanfaat tidak saja bagi kita sendiri tetapi juga bermanfaat kepada orang lain. Dengan memberikan manfaat kepada orang lain berarti kita telah memberikan pelayanan kepada sesama. bahkan, dengan belajar kita dapat menebarkan cinta kasih kepada seluruh alam.

Itulah arti lain dari belajar. Banyak sekali manfaat dari belajar bagi kehidupan. Untuk itu, untuk menggapai cita-cita wajib RAJIN BELAJAR . Haha

sumber: kaskus.us

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s