Pentingnya Pemanasan dan Pendinginan dalam Olahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Agar manfaat yang dirasakan semakin maksimal, jangan lupa melakukan 2 hal berikut ini sebelum dan setelah olahraga.

Ada 2 aspek penting saat berolahraga yang harus dilakukan sehingga hasil olahraga bisa lebih baik dan maksimal, yaitu melakukan pemanasan dan juga pendinginan (cooling down) yang masing-masing dilakukan selama 15 menit.

Berikut ini alasan mengapa pemanasan dan pendinginan perlu dilakukan sebelum dan setelah olahraga, seperti dikutip dariĀ Lifemojo, Jumat (30/9/2011) yaitu:

Pemanasan
Sebelum memulai olahrga maka otot dalam tubuh dalam keadaan kaku, sehingga perlu dilakukan pemanasan untuk melonggarkannya agar siap melakukan kegiatan bertenaga dan menghindari terjadinya cedera.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam proses pemanasan dan peregangan, yaitu:

  1. Untuk menaikkan suhu tubuh, maka pemanasan harus dimulai dengan kegiatan aerobik ringan seperti berlari-lari kecil.
  2. Untuk melakuakn peregangan lengan dan memperbaiki sirkulasi darah ke tubuh bagian atas dan posisi tubuh harus seimbang. Caranya angkatlah tangan dan rasakan peregangan dari pinggang diikuti dengan mengambil napas dalam-dalam hingga merasa santai atau rileks.
  3. Meregangkan bahu untuk membantu meningkatkan jangkauan gerak, biarkan lengan bergerak mengikuti bahu bisa sambil duduk atau berdiri.
  4. Angkatlah kaki untuk melakukan peregangan pada paha belakang, satu kaki diangkat dan satu kaki lain tetap menyentuh tanah.

Pendinginan
Setelah berolahraga maka tubuh perlu pendinginan yang sama pentingnya dengan proses pemanasan. Hal ini diperlukan agar otot yang terdorong keluar saat berolahraga kembali seperti semula.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam proses pendinginan yaitu:

  1. Menggoyang-goyangkan pinggul atau tulang untuk mengurangi ketegangan dari punggung bawah.
  2. Latihan aerobik ringan seperti berjalan kaki bagus untuk pendinginan, karena memungkinkan tubuh untuk melembabakan diri sendiri.
  3. Gunakan pakaian yang hangat dalam proses pendinginan untuk mencegah hilangnya panas dari tubuh.
  4. Lakukan peregangan untuk membuat otot jadi rileks, lakukan secara lambat dan menahan masing-masing regangan selama 10-15 detik.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s